𝗞𝗮𝗽𝗼𝗹𝘀𝗲𝗸 𝗕𝗼𝗴𝗼𝗿 𝗧𝗲𝗴𝗮𝘀𝗸𝗮𝗻 𝗣𝗲𝗻𝘁𝗶𝗻𝗴𝗻𝘆𝗮 𝗞𝗲𝘀𝗮𝗱𝗮𝗿𝗮𝗻 𝗛𝘂𝗸𝘂𝗺 𝘂𝗻𝘁𝘂𝗸 𝗠𝗮𝗵𝗮𝘀𝗶𝘀𝘄𝗮 𝗕𝗮𝗿𝘂 𝗨𝗡𝗜𝗗𝗔



Lingkar Studi Pers, Bogor – Pada hari kedua kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Djuanda (UNIDA), dengan materi Penguatan kesadaran hukum dilingkungan kampus. Kegiatan berlangsung pada 10 September 2024 di Aula BYC UNIDA dengan menghadirkan Kapolsek Bogor, KBP. Dr. Bismo Teguh Prakoso, S.H., S.I.K., M.H., sebagai narasumber.

Dalam sesi materinya, Bismo menekankan pentingnya kesadaran hukum bagi para mahasiswa baru. Ia menyampaikan Pentingnya memahami dasar-dasar hukum dan aturan yang berlaku sebelum menyampaikan pendapat atau aspirasi. Ini berarti, sebelum menyuarakan pandangan, seseorang harus memastikan bahwa mereka memahami kerangka hukum yang relevan, agar aspirasi disampaikan secara tepat dan sesuai dengan peraturan yang ada, sehingga tidak menimbulkan masalah hukum di kemudian hari
"Adik-adik perlu mempelajari terlebih dahulu fakta hukum sebelum menyampaikan aspirasi, karena ada aturan yang harus diikuti," ujar Bismo.

Ini juga menunjukkan bahwa memahami hukum harus sejak dini, terutama di lingkungan kampus, karena sangat penting untuk mencegah berbagai tindakan yang melanggar aturan dan norma. Ia juga mengingatkan agar mahasiswa tidak hanya fokus pada prestasi akademik, tetapi juga menjaga perilaku yang taat hukum dalam keseharian.

“Sebenarnya penting karena kalau hukum kecil ada dilanggar apalagi hokum yang besar jadi sudah terbiasa," Ungkap Alif mahasiswa baru Fakultas Hukum UNIDA.

Alif menekankan bahwa jika seseorang terbiasa melanggar aturan-aturan kecil, maka kemungkinan besar ia juga akan cenderung melanggar aturan-aturan yang lebih besar. Artinya, kebiasaan melanggar hal-hal kecil bisa membentuk perilaku yang tidak menghargai hukum secara keseluruhan, sehingga penting untuk disiplin dan menaati semua aturan, sekecil apapun, agar tidak terbiasa melakukan pelanggaran yang lebih serius.

Kegiatan hari kedua PKKMB ini untuk mempersiapkan mahasiswa baru UNIDA menjadi pribadi yang tidak hanya cerdas secara akademik, tetapi juga taat hukum. Mahasiswa diharapkan mampu menjunjung tinggi nilai-nilai moral dan hukum dalam kehidupan kampus serta berkontribusi positif bagi masyarakat luas.


Reporter: Yulia Dwi Lestari & Eka Yudia Nurmala
Editor: Resi Safitri

Posting Komentar

0 Komentar