𝗧𝗮𝗺𝗽𝗶𝗹 𝗠𝗲𝗺𝘂𝗸𝗮𝘂 𝗣𝗲𝗻𝘂𝗵 𝗜𝗻𝘀𝗽𝗶𝗿𝗮𝘁𝗶𝗳, 𝟳 𝗠𝗮𝗵𝗮𝘀𝗶𝘀𝘄𝗮 𝗕𝗲𝗿𝗽𝗿𝗲𝘀𝘁𝗮𝘀𝗶 𝗠𝗲𝗺𝗯𝗲𝗿𝗶𝗸𝗮𝗻 𝗠𝗼𝘁𝗶𝘃𝗮𝘀𝗶 𝗞𝗲𝗽𝗮𝗱𝗮 𝗠𝗮𝗵𝗮𝘀𝗶𝘀𝘄𝗮 𝗕𝗮𝗿𝘂 𝗗𝗶 𝗨𝗻𝗶𝘃𝗲𝗿𝘀𝗶𝘁𝗮𝘀 𝗗𝗷𝘂𝗮𝗻𝗱𝗮


Lingkar Studi Pers, Bogor – Dalam Rangkaian Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB), Universitas Djuanda (UNIDA) menghadirkan 7 mahasiswa berprestasi, dengan tujuan untuk menanamkan semangat dan membagikan pengalaman berharga mereka kepada para mahasiswa baru, serta membantu mereka dalam memulai perjalanan akademis yang penuh tantangan, pada Senin (9/9/2024).


Ketika memasuki dunia perkuliahan, mahasiswa seringkali dihadapkan pada tantangan baru yang memerlukan strategi dan sikap mental yang kuat. Dalam konteks inilah, 7 mahasiswa yang telah menunjukkan prestasi luar biasa dalam bidang akademik, organisasi, dan penelitian, menyampaikan pesan-pesan motivasi yang mendalam kepada para mahasiswa baru.


Dari Fakultas Hukum, Muhammad Tubagus Reisyal Alfiando dan Dhafin Riyasy Ishak yang baru-baru ini memperoleh Sertifikat Internasional 3rd ICOSTELM terkait pemaparan paper yang diberikan oleh Universitas Geomatika Malaysia. Dhafin mengungkapkan "Jangan hanya fokus kuliah saja, namun coba ikut program-progam yang disediakan pemerintah, dan cobalah untuk mengembangkan diri dan membanggakan instansi," tuturnya.


Sementara itu, Putri Romadon dan Ainun Nur Fadilah dari Prodi Studi Manajement Pendidikan Islam (MPI) yang memperoleh prestasi menjadi peserta progam Kampus Mengajar Angkatan 6 dan lolos progam kewirausahaan mandiri, serta dalam waktu dekat ini baru saja berhasil menjadi peserta KKN Internasional Malaysia 2024. 


Siti Yuliani dari Progam Studi Agroteknologi yang berhasil menjadi Duta Inovasi Bisnis Kabupaten Bogor dan mendapatkan dana Hibah Kementrian Pertanian, serta 16 prestasi lainnya yang sudah diraih selama ia berkuliah, ia memberikan tips untuk bisa menjadi mahasiswa unggul dan berprestasi itu mesti memiliki circle yang mendukung disertai adanya mentor yang setia membersamai. "Kalo kalian ingin menjadi mahasiswa yang unggul dan berprestasi, mungkin sedari sekarang kalian mesti mencari pergaulan yang bisa mengarahkan kalian pada ruang lingkup yang postif dan kalian juga harus menemukan mentor yang bisa membimbingkan kalian," ucapnya.


Tak kalah menarik, Taufik, mahasiswa Program Studi Akuakultur yang memenangkan hibah Program Pengembangan Wirausaha Mahasiswa (PPMW) menegaskan, pentingnya partisipasi mahasiswa dalam program tersebut tanpa takut tertinggal pelajaran. "Jangan sampai ada pemikiran bahwa ikut program akan membuat kita ketinggalan pelajaran. Pemerintah telah memberikan peluang luas bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri," ujarnya.


Di sisi lain, Pramudia Fajar Argani, perwakilan dari Fakultas Ilmu Pangan Halal (FIPHAL), yang berhasil memenangkan Progam Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK ORMAWA), ia menekankan kepada mahasiswa baru bahwa mereka tidak perlu khawatir untuk tidak bisa bersaing dengan Kampus Negeri. "Kalian tidak perlu merasa cemas karena berkuliah di Kampus Swasta, justru kami disini sudah membuktikan kepada kalian bahwa kami mampu bersaing dengan Kampus-kampus ternama dan kita berhak berhak berada dalam level yang lebih tinggi dari mereka," pungkasnya.


Acara ini diakhiri dengan sesi tanya jawab, di mana mahasiswa baru memiliki kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan narasumber, dan para mahasiswa barupun menyambut antusias setiap pesan yang disampaikan, menunjukkan keterlibatan yang tinggi dan rasa hormat terhadap prestasi serta dedikasi dari para pembicara. 


Melalui acara ini, Universitas Djuanda berharap agar para mahasiswa baru tidak hanya mendapatkan inspirasi, tetapi juga alat dan strategi yang diperlukan untuk mencapai kesuksesan akademik dan pribadi. 7 mahasiswa berprestasi ini telah menunjukkan bahwa dengan dedikasi, kerja keras, dan semangat yang tinggi, segala impian dan tujuan akademik dapat dicapai.


Reporter: Ubay & Eka

Editor : Denta

Posting Komentar

0 Komentar